RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Identitas Program Pendidikan

Sekolah
:
SMK Paramitha2
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Komp. Keahlian
:
Semua Komp. Keahlian
Kelas/Semester
:
X / Ganjil
Materi Pokok
:
3.2. Ucapan Selamat Bersayap
Tahun Pelajaran
:
2017/2018
Alokasi Waktu
:
3 x pertemuan (3JP x 45 menit)


B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
1. Pengetahuan
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2. Keterampilan
Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa Inggris.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.

Kompetensi Dasar
1.      KD pada KI Pengetahuan
3.2 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi interpersonal lisan dan tulis yang melibatkan tindakan      memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya.

2.      KD pada KI Keterampilan
4.2 Menyusun teks interaksi interpersonal lisan dan tulis sederhana yang melibatkan tindakan  memberikan ucapan selamat bersayap (extended), dan responnya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI Pengetahuan
       3.2.1. Menentukan fungsi sosial dari teks kartu ucapan selamat bersayap
       3.2.2. Menentukan struktur teks dari teks kartu ucapan selamat bersayap
       3.2.3. Menganalisis unsur kebahasaan dari teks kartu ucapan selamat bersayap

3.      Indikator KD pada KI Keterampilan
4.2.1. Menyusun kalimat acak menjadi teks ucapan selamat yang benar sesuai dengan konteks penggunaannya
4.2.2. Membuat kartu ucapan selamat sesuai dengan tema yang diberikan

D. Tujuan Pembelajaran
3.2.1. Melalui diskusi dan menggali informasi , peserta didik mampu:
a. Menentukan tema yang tepat
b. Menentukan tujuan dari kartu ucapan
3.2.2. Melalui diskusi dan menggali informasi peserta didik mampu:
a.    Menentukan informasi tersirat  dari teks kartu ucapan selamat bersayap
b.        Menentukan informasi rinci dari teks kartu ucapan selamatbersayap
3.2.3. Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu:
a.    menerapkan sinonim/persamaan kata sesuai konteks
b.    menerapkan rujukan kata sesuai kontek
4.2.1.1. Setelah mengamati dan membaca beberapa kalimat acak, peserta didik mampu menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi teks ucapan selamat dengan benar.
4.2.2.2.Setelah mengamati dan membaca beragam contoh kartu ucapan selamat, peserta didik mampu membuat kartu ucapan selamat dengan benar.

E. Materi Pembelajaran
·         Teks kartu ucapan selamat bersayap (contoh terlampir)
·         Unsur-unsur dalam teks kartu ucapan selamat bersayap: fungsi/tujuan, struktur teks, unsur kebahasaan
·         Ungkapan dan istilah yang digunakan dalam teks kartu ucapan selamatbersayap
F. Pendekatan, Model dan Metode

1. Pendekatan         :  Scientific Approach
2. Model                 : Discovey Learning
3. Metode   : Tanya Jawab, diskusi,  unjuk kerja
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Kegiatan
Sintak Model
Langkah-langkah
Waktu
Pendahuluan


Apersepsi dan motivasi
Apersepsi  dan motivasi
1.    Guru menyiapkan sisw asecara psikis dan fisik untuk mengkondisikan proses pembelajaran yang menyenangkan.
2.    Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentangkegiatan yang akan dilakukan.
4. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan
10 menit
Kegiatan Inti
Pemberian stimuli





Identifikasi Masalah





Pengumpulan Data





Pembuktian










Generalisasi
Mengamati
·         Siswa menyimak teks kartu ucapan selamat dalam beargam situasi/tema.
·         Siswa menyebutkan situasi/tema dari teks tersebut

Menanya
·         Siswa bertanyajawab tentang tujuan dan gambaran umum dari teks kartu ucapan selamat yang diberikan


Mengumpulkan Informasi
·         Siswa berdiskusi untuk menentukan tujuan penulisan dan informas irinci/tersirat dari teks kartu ucapan selamat yang diberikan

Mengasosiasi
·         Siswa secara berkelompok mengerjakan latihan lanjutan untuk menentukan tujuan penulisan dan informasi rinci/tersirat dari teks kartu ucapan selamat berdasarkan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan, sesuai konteks penggunaannya.

Mengomunikasikan
·         Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang menentukan tujuan penulisan dan informasi rinci/tersirat dari teks kartu ucapan selamat dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
110menit
Penutup


1.     Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
2.     Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
3. Guru memberikan tugas terstruktur untuk mengerjakan latihan-latihan terkait teks ucapan selamat di ‘learn.quipper.com’
15 menit

Pertemuan 2:
Kegiatan
Sintak Model
Langkah-langkah
Waktu
Pendahuluan


Apersepsi  dan motivasi
1.     Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengkondisikan proses pembelajaran yang menyenangkan.
2.     Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.
3.     Guru menyampaikankompetensi yang akan dicapai serta menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akandilakukan.
4. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
10 menit
Kegiatan Inti
Pemberian Stimulasi






Identifikasi Masalah





Pengumpulan Data








Pembuktian











Generalisasi


Mengamati
·      Siswamengamati dan membaca teks kartu ucapan selamat yang pernah diberikan pada pertemuan ke-1.
·      Siswa mengidentifikasi unsur kebahasaan dalam teks tersebut.

Menanya
·      Siswa bertanya jawab tentang bagian-bagian dan ungkapan-ungkapan penting serta kosakata yang digunakan dalam teks, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Mengumpulkan Informasi
·      Siswa secara berkelompok mendiskusikan kembali dan menuliskan contoh-contoh kosakata, bagian-bagian dan ungkapan-ungkapan penting yang digunakan dalam teks , sesuai dengan konteks penggunaannya.

Mengasosiasi
·      Siswa secara berkelompok menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang sinonim/ persamaan atau makna kata dari teks yang diberikan
·      Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang rujukan kata dari teks yang diberikan

Mengomunikasikan
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang sinonim/persamaan atau  makna kata dan rujukan kata dalam penulisan kartu ucapan selamat yang benar.
110 menit
Penutup


1.     Siswadenganbimbingan guru menyimpulkanpembelajaran.
2.     Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
3. Guru memberikan tugas terstruktur untuk mengerjakan latihan-latihan anjutan terkait teks ucapan selamat di ‘learn.quipper.com’
15 menit

Pertemuan 3:
Kegiatan
Sintak Model
Langkah-langkah
Waktu
Pendahuluan


Apersepsi  dan motivasi
1.    Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengkondisikan proses pembelajaran yang menyenangkan.
2.     Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat danaplikasimateriajardalamkehidupansehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.
3.     Guru menyampaikan kompetensi yang akandicapai serta menyampaikan garis besarcakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan.
4. Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
10 menit
Kegiatan Inti
Pemberian Stimulasi



Identifikasi Masalah






Pengumpulan Data





Pembuktian






Generalisasi



Mengamati
·      Siswa mengamati beberapa kalimat acak terdiri dari dua paragraf tentang kegiatan pengalaman seseorang

Menanya
·      Siswa bertanya jawab tentang bagian-bagian dan ungkapan-ungkapan penting yang perlu dipahami untuk menyusun kalimat menjadi paragraf yang padu, sesuai dengan konteks penggunaannya.


Mengumpulkan Informasi
·      Siswa secara berkelompok menentukan urutan kalimat yang tepat dari kalimat-kalimat yang diberikan sehingga menjadi paragraf yang padu, sesuai dengan konteks penggunaannya.

Mengasosiasi
·      Siswa secara berkelompok berdiskusi untuk menyusun kalimat-kalimat acak menjadi teks kartu ucapan  yang padu, sesuai dengan situasi yang dibutuhkan penggunaannya.

Mengomunikasikan
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok tentang menyusun kalimat acak menjadi teks kartu ucapan yang padu dengan susunan kartu ucapan yang benar.
110 menit
Penutup


1.       Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
2.       Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
3.       Guru memberikan tugas terstruktur untuk mengerjakan latihan-latihan lanjutan terkait teks ucapan selamat di ‘learn.quipper.com’
15 menit






H. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
:
Tes dan Non tes
2.
Bentuk Penilaian
:
Tertulis(pilihan ganda) dan uraian
3.
Instrumen Penilaian
:

4.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
:
Pembelajaran individual dan pemberian tugas

I. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat                    : LCD, Laptop, Active Speaker
2.    Bahan                            : Materi dalam bentuk ‘power point’, handouts (teks dan soal-
  soal latihan)
3.    Sumber Belajar              : 1. Buku siswa “Bahasa Inggris Kelas X semester 2”
  2. Bupena English Grade X, Erlangga
  3. www. link.quipper.com/www.learn.quipper.com






Jakarta,  … Mei 2017
            Mengetahui,                                                               
Kepala SMK Paramitha 2                                           Guru Mata Pelajaran,



            ……….                                                                                   wahyudi
            NIP.                                                                            NIP.           -








Lampiran1:Contoh teks kartu ucapan selamat


1.      Contoh kartu ucapan selamatuntuk kelulusan

Description: F:\card\3.jpg
 







2.      Kartu ucapan kenaikan pangkat/jabatan
Description: F:\card\2.jpg
 




















Lampiran-2: Contoh soal pengetahuan (untukmengukur IPK 3.2.1 – 3.2.3)

Read the text, and choose the best answer  for the questions
Text Box: Dear Ichsan, 
Congratulations on your graduation from a vocational school. 
Wish you a wonderful future and your dreams coming true
Your best buddy
Ahsan
 











1. The purpose of the text is ...
a.       To show a condolesence
b.      To tell a good news
c.       To wish a good life
d.      To congratulate

2. After reading the text, we know that Ichsan ....
a.         Ahsan’s brother
b.         Has graduated
c.         Is a college student
d.         Is a clever boy

3. Your best buddy.The synonym of the underlined word is ....
a.         Friend
b.         Brother
c.         Teacher
d.         Father

4. Arrange these jumble sentences into a good greeting card.
1.    I know you love beachview
2.    Congratulations on your  new beach house
3.    Love
4.    Dear Tasya and Bob
5.    I hope you’ll enjoy the scenery
6.    Mirna and Steve

a.       4-2-5-6-3-1      b. 4-2-1-6-5-3
c.       4-2-5-3-1-6      d. 4-2-1-5-3-6

Essay

Your friend is going to celebrate his/her 17th birthday. You want to wish his/her a good fortune. Please write a birthday card for him/her.
Lampiran3: Format kunci penilaian uraian

Kunci  jawaban:
1.C
2.B
3.A
4.D

Essay: Jawaban bervariasi
Text Box: Dear Hera,
Happy 17th Birthday
Wish you a good fortune in your future life
Love
Winda
 


















Lampiran-4: Contoh Soal dan Penilaian Keterampilan Menulis

A. Contoh Soal:
           Your friend is going to celebrate his/her 17th birthday. You want to wish his/her a good fortune. Please write a birthday card for him/her.

B. Rubrik Penilaian
A.  Content : Isi/Pesan
1.  Very good (25)
=pesan dipaparkan sesuai permintaan

2.  Good (20)
= pesan dipaparkan dengan sedikit perubahan

3.  Fair (15)
= pesan yang dipaparkan kurang sesuai dengan permintaan

4.  Poor (10)
= pesan yang dipaparkan berbeda dengan permintaan

B.   Organization : Pengorganisasian materi
1.  Very good (25)
= materi dipaparkan dengan jelas, logis dan runtut

2.  Good (20)
= materi dipaparkan dengan jelas, logis dan cukup runtut

3.  Fair (15)
= materi dipaparkan dengan cukup jelas, cukup logis, tetapi kurang runtut

4.  Poor (10)
= materi dipaparkan dengan tidak jelas dan tidak terstruktur

C.   Grammatical Points : Tata Bahasa
1.  Very good (25)
= tata bahasa yang digunakan sesuai kaidah dan efektif

2.  Good (20)
= tata bahasa yang digunakan sesuai kaidah tetapi kurang efektif

3.  Fair (15)
= tata bahasa yang digunakan cukup sesuai kaidah tetapi tidak efektif

4.  Poor (10)
= tata bahasa yang digunakan tidak sesuai kaidah dan tidak efektif

D.   Vocabulary : Kosakata
1.    Very good (25)
= kosakata yang digunakan sesuai konteks dan variatif

2.    Good (20)
= kosakata yang digunakan sesuai konteks tetapi kurang variatif

3.    Fair (15)
= kosakata yang digunakan cukup sesuai konteks tetapi tidak variatif

4.    Poor (10)
= kosakata yang digunakan tidak sesuai konteks dan tidak variatif


C. Format Penilaian
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Total Skor
Content  (max. 25)
Organization (max. 25)
Grammatical Points(max. 25)
Vocabulary (max.25)
1.






2.






3.






4.






5.






dst.








Komentar

Postingan Populer