RPP Kurtilas Revisi 2017 Materi Announcement

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A. Identitas Program Pendidikan

Sekolah
:
SMK Al Washilah
Mata Pelajaran
:
Bahasa Inggris
Komp. Keahlian
:
Semua Komp. Keahlian
Kelas/Semester
:
X / Gasal (satu)
Materi Pokok
:
3.5. Announcement
Tahun Pelajaran
:
2017/2018
Alokasi Waktu
:
2 x pertemuan (6 JP)

B. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Kompetensi Inti
1.      Pengetahuan
3. Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasitentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian/kerja Bahasa Inggris pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
2.      Keterampilan
4.   Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian/kerja Bahasa Inggris.
Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar
1. KD pada KI Pengetahuan
3.5. Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
2. KD pada KI Keterampilan
 4.5. Menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), lisan dan tulis, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Indikator KD pada KI Pengetahuan
 3.5.1. Menentukan fungsi sosial beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
  3.5.2. Menentukan struktur teks dari teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
  3.5.3. Menentukan unsur kebahasaan dari beberapa teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement), dengan memberi dan meminta informasi terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya
2. Indikator KD pada KI Keterampilan
 4.5.1. Menentukan contoh kalimat teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement)
 4.5.2. Menyusun kalimat acak teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) sesuai dengan konteks penggunaannya
 4.5.3. Menyusun teks dalam bentuk pemberitahuan (announcement) sesuai dengan situasi yang disajikan

D. Tujuan Pembelajaran
3.5.1. Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu:
a.    Menentukan gambaran umum/isi dari pemberitahuan (announcement)
b.    Menentukan tujuan dari pemberitahuan (announcement) secara umum
3.5.2. Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu:
a.    Menentukan main idea dari teks khusus pemberitahuan (announcement
b.    Menentukan informasi rinci/tersirat yang ada pada teks khusus pemberitahuan (announcement)
3.5.3. Melalui diskusi dan menggali informasi, peserta didik mampu:
a.    Menerapkan sinonim/persamaan atau makna kata sesuai konteks
b.    Menerapkan rujukan kata sesuai konteks
4.5.1. Setelah mengamati dan membaca situasi yang diberikan, peserta didik mampu menyusun kalimat-kalimat acak teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) sesuai  dengan konteks penggunaannya
4.5.2. Setelah mengamati dan membaca situasi yang diberikan, peserta didik mampu menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) berdasarkan situasi yang disajikan
4.5.3. Setelah mengamati dan membaca situasi yang diberikan, peserta didik mampu menyusun teks khusus dalam bentuk pemberitahuan (announcement) berdasarkan situasi yang disajikan

E. Materi Pembelajaran
·         Teks announcement (contoh terlampir)
·         Unsur – unsur dalam teks announcement, fungsi/tujuan, struktur teks, unsur kebahasaan

F. Pendekatan, Model dan Metode
1. Pendekatan         : Saintifik
2. Model                 : Discovery Learning
3. Metode                : Tanya Jawab, Diskusi, Presentasi
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1:
Kegiatan
Sintak Model
Langkah-langkah
Waktu
Pendahuluan


Apersepsi  dan motivasi
1.    Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengkondisikan proses pembelajaran yang menyenangkan.
2.    Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan.
1.    Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
15 menit
Kegiatan Inti
Pemberian Stimulasi




Identifikasi Masalah





Pengumpulan Data





Pembuktian






Generalisasi
Mengamati
Siswa mengamati beberapa bentuk contoh serta tujuan dari teks pemberitahuan (announcement) yang terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya

Menanya
Siswa bertanya jawab mengidentifikasi beberapa informasi umum seperti ide pokok dan informasi rinci mengenai teks khusus pemberitahuan (announcement) dalam kelompok kecil

Mengumpulkan Informasi
Siswa berdiskusi kelompok untuk menggali informasi sinonim dan rujukan kata dari teks khusus pemberitahuan (announcement) yang diberikan


Menalar
·      Siswa berdiskusi kelompok untuk menyusun kalimat acak menjadi paragraph yang padu
·      Siswa berdiskusi kelompok untuk menyusun acak menjadi teks khusus pemberitahuan (announcement) yang padu

Mengomonikasikan
Peserta didik mendemonstrasikan hasil diskusi kelompok secara lisan di depan kelas
110 menit
Penutup


1.     Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
2.     Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
3.     Siswa diberikan tugas terstruktur untuk mengerjakan latihan tentang announcement dari lembar kerja siswa yang dimiliki. (hal. 20-22)
15 menit

Pertemuan 2:
Kegiatan
Sintak Model
Langkah-langkah
Waktu
Pendahuluan


Apersepsi  dan motivasi
1.    Guru menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengkondisikan proses pembelajaran yang menyenangkan.
2.    Guru memberi motivasi belajar siswa secara kontekstual sesuai manfaat dan aplikasi materi ajar dalam kehidupan sehari-hari, dengan memberikan contoh dan perbandingan lokal, nasional dan internasional.
3.    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai serta menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan.
4.    Guru menyampaikan lingkup dan teknik penilaian yang akan digunakan.
15 menit
Kegiatan Inti
Pemberian Stimulasi




Identifikasi Masalah




Pengumpulan Data




Pembuktian







Generalisasi
Mengamati
Siswa mengamati kembali beberapa bentuk contoh pemberitahuan (announcement) yang terkait kegiatan sekolah/tempat kerja, sesuai dengan konteks penggunaannya

Menanya
Siswa bertanya jawab mengidentifikasi beberapa tambahan yang tidak didapat di pertemuan sebelumnya dalam kelompok kecil

Mengumpulkan Informasi
Siswa berdiskusi kelompok untuk menggali informasi sinonim dan rujukan kata dari teks khusus pemberitahuan (announcement) yang diberikan

Menalar
·         Siswa berdiskusi kelompok untuk menyusun kalimat acak menjadi paragraph yang padu
·         Siswa berdiskusi kelompok untuk menyusun paragraf acak menjadi teks khusus pemberitahuan (announcement) yang padu

Mengomunikasikan
Peserta didik mendemonstrasikan hasil diskusi kelompok secara lisan di depan kelas.

110 menit
Penutup


1.      Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran.
2.      Guru memberikan umpan balik pembelajaran.
3.      Guru memberikan tugas akhir tentang materi announcement untuk melihat hasil pembelajaran pada lembar kerja siswa. (hal. 23-24)
15 menit


H. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
   1.
Teknik Penilaian
:
Tes dan Non tes
2.
Bentuk Penilaian
:
Tertulis (pilihan ganda dan uraian)
3.
Instrumen Penilaian
:
Contoh soal terlampir (lampiran)
4.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
:
Pemberian individual dan pemberian tugas (contoh)
I. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media/Alat                     : LCD, Laptop
2.    Bahan                             : Materi dalam bentuk ‘power point’,
3.    Sumber Belajar               : Buku Bahasa Inggris kelas X semester 2 (nama bukunya)
  Lembar Kerja Siswa







Jakarta, 17 Mei 2017
            Mengetahui,                                                                
Kepala SMK Al Washilah                                            Guru Mata Pelajaran,



            Sahata Pane                                                                 Nasirudin, S.Pd
            NIP.                                                                             NIP.







































Lampiran 1: Contoh teks Announcement

Struktur teks
Attention Getter                       : Announcement
Target                          : All passengers Aircraft
Information                 : are requested to have their passport, vocation sertificate, and disambercation card ready for immigration.
Announcer                   : Airport officer

Unsur kebahasaan
Biasanya menggunakan Future Tense.


Lampiran-2: Contoh Soal dan Penilaian Keterampilan Menulis

To : All students and teachers

Come and visit our new library. Lots of New books (brand new novels and non-fiction books) are available. You can also enjoy our newst DVDs collection.

Head of library

Ramadhan

1)      Why does the writer make the announcement?
A.     To resume a new novel.
B.     To invite the reader to visit the library.
C.     To let the reader know about the head of library
D.     To help the reader know where to find the DVDs
Key : B

CAUTION
VOLCANIC FUMES ARE HAZAROUS TO YOUR HEALTH AND BE LIFE_THREATENING VISITORS WITH BREATHING AND HEART PROBLEMS PREGNANT WOMEN AND YOUNG CHILDREN
2)      Where do you usually find such a caution?
A.     at all public places with domestic visitors.
B.     any places visited by tourists.
C.     on all the mountains with view visitors
D.     at the volcanoes for tourist resorts
Key : D
ANNOUNCEMENT
Because of the high demand for electrical power due to extremely cold weather, the city is facing a serious power shortage. We are asking residents to help us avoid this situation. Pease reduce your power consumption as much as possible. Lower household heat to sixty degrees. Turn off all unnecessary applicanes. Postpone energy-consuming tasks such as doing the laundry.

3)      “Turn off all unnecessary appliances.” The synonym of the underlined word is ….
a.       cables
b.      wires
c.       iron
d.      devices
Key : D

4)      Which one of this announcement text that contains of invitation in volleyball?
A.       Attention All Students: There will be 4:00 Buses this week – Monday, June 14th, Tuesday, June 15th and Wednesday, June 16th.
B.        Attention! Any 11th Graders interested in playing volleyball in the fall, see Ms. Yoko in Room A1 for further information.
C.        CROSS COUNTRY: On Wednesday, June 16th, Mrs. Octa will be visiting the classes for a brief informational meeting for all 10th graders who wish to run Cross Country next year.
D.       For those who are interested in Wellness Softball should report to A4 Room immediately after school TODAY! See Ms. Yoko if you have any questions. Don’t forget to sign up on the board outside of the media centre.
Key : B
1.    Our school will have some competition that will be held on 17 August 2016 to celebrate Indonesian’s Independence Day.
2.    Free registration and full of prize!
3.    There are running, swimming, and many other competitions.
4.    For more information contact our OSIS chairperson.
5.    Registration will be held on 10th – 15th August at OSIS room.

5)      What is the correct arrangement of the paragraph above?
A.     1 – 3 – 4 – 2 – 5
B.     1 – 3 – 2 – 4 – 5
C.     1 – 3 – 5 – 2 – 4
D.     1 – 3 – 4 – 5 – 2

Our school will have some competition that will be held on 17 August 2016 to celebrate Indonesian’s Independence Day. There are running, swimming, and many other competitions. Registration will be held on 10th – 15th August at OSIS room. Free registration and full of prize!
For more information contact our OSIS chairperson.
Key : C

Lampiran-3: Contoh Soal dan Penilaian Keterampilan Menulis
1.      Make an announcement based on the situation below.

Participant : All student board members
Theme : Leadership mentoring program
Content : All student board members are obliged to come
Time : Today after school
Place : Cafetaria
By : The chief of Students Council

Key:
Attention
LEADERSHIP MENTORING PROGRAM
The leadership mentoring program will begin TODAY after school in the cafeteria. All student board members are obliged to come.

The Chief of Students Council

B. Rubrik Penilaian
A.  Content : Isi/Pesan
1.  Very good (25)
= pesan dipaparkan sesuai permintaan

2.  Good (20)
= pesan dipaparkan dengan sedikit perubahan

3.  Fair (15)
= pesan yang dipaparkan kurang sesuai dengan permintaan

4.  Poor (10)
= pesan yang dipaparkan berbeda dengan permintaan

B.   Organization : Pengorganisasian materi
1.  Very good (25)
= materi dipaparkan dengan jelas, logis dan runtut

2.  Good (20)
= materi dipaparkan dengan jelas, logis dan cukup runtut

3.  Fair (15)
= materi dipaparkan dengan cukup jelas, cukup logis, tetapi kurang runtut

4.  Poor (10)
= materi dipaparkan dengan tidak jelas dan tidak terstruktur

C.   Grammatical Points : Tata Bahasa
1.  Very good (25)
= tata bahasa yang digunakan sesuai kaidah dan efektif

2.  Good (20)
= tata bahasa yang digunakan sesuai kaidah tetapi kurang efektif

3.  Fair (15)
= tata bahasa yang digunakan cukup sesuai kaidah tetapi tidak efektif

4.  Poor (10)
= tata bahasa yang digunakan tidak sesuai kaidah dan tidak efektif

D.   Vocabulary : Kosakata
1.    Very good (25)
= kosakata yang digunakan sesuai konteks dan variatif

2.    Good (20)
= kosakata yang digunakan sesuai konteks tetapi kurang variatif

3.    Fair (15)
= kosakata yang digunakan cukup sesuai konteks tetapi tidak variatif

4.    Poor (10)
= kosakata yang digunakan tidak sesuai konteks dan tidak variatif


C. Format Penilaian
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Total Skor
Content  (max. 25)
Organization (max. 25)
Grammatical Points (max. 25)
Vocabulary (max.25)
1.






2.






3.






4.






5.






dst.








Lampiran-4: Contoh Penilaian Observasi Keterampilan Berbicara/Presentasi  (untuk mengukur IPK 3.7.1 – 3.7.3 dan 4.7.1 – 4.7.2)

A. Rubrik penilaian
A.   Content : Isi/Pesan
1.  Very good (25)
= pesan tersampaikan sesuai permintaan

2.  Good (20)
= pesan tersampaikan dengan sedikit perubahan

3.  Fair (15)
= pesan yang disampaikan kurang sesuai dengan permintaan

4.  Poor (10)
= pesan yang disampaikan berbeda dengan permintaan

B.   Fluency : kelancaran
1.  Very good (25)
= penyampaian dengan lancar

2.  Good (20)
= penyampaian dengan cukup lancar

3.  Fair (15)
= penyampaian dengan kurang lancar

4.  Poor (10)
= penyampaian dengan dibacakan

C.   Performance : Penampilan
1.  Very good (25)
= sikap dan postur tubuh baik dan sesuai, suara jelas dan lantang, dapat menarik perhatian peserta

2.  Good (20)
= sikap dan postur tubuh cukup baik, suara jelas, kurang menarik perhatian peserta

3.  Fair (15)
= sikap dan postur kurang baik, suara kurang jelas, kurang menarik perhatian peserta

4.  Poor (10)
= sikap dan postur tubuh kurang baik, suara pelan dan tidak jelas, tidak menarik perhatian peserta

D.   Vocabulary : Kosakata
1.  Very good (25)
= diucapkan dengan tata bahasa yang benar

2.  Good (20)
= diucapkan dengan sedikit kesalahan tata bahasa

3.  Fair (15)
= diucapkan dengan tata bahasa yang kurang tepat

4.  Poor (10)
= diucapkan dengan banyak kesalahan tata bahasa


B. Format penilaian
No.
Nama siswa
Aspek yang dinilai
Total Skor
Content  (max. 25)
Fluency (max. 25)
Performance (max. 25)
Vocabulary (max.25)
1.






2.






3.






4.






5.






dst.








Komentar

Postingan Populer